Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 21 Desember 2016

Peluang Bisnis Usaha Batik Pekalongan Dengan Analisa Lengkap

Peluang bisnis usaha batik Pekalongan dengan Analisa Lengkap- Ttrend batik di indonesia menjadi mendunia sejak baju batik di nobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Banyak orang orang yang menggunakan batik. Sehingga hal ini dapat menjadi peluang untuk menjalankan bisnis batik. Batik merupakan proses pemberian warna pada kain putih dengan corak khusus. Biasanya dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama canting dan bisa juga dengan menggunakan cap batik.
Bisnis batik bisa dikatakan bisnis yang lengkang sepanjang masa. Hal ini disebabkan batik tidak hanya digunakan secara formal saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti bertamsya, menghadiri sanak keluarga, bahkan juga cocok untuk dipakai sebagai baju harian. Batik menjadi hal yang tak asing bagi masyarakat.
Pemakaian kain batik yang lebih modern menarik minat para remaja gemar memakai busana batik. Kreativitas para perancang busana terus berinovasi menciptakan desain pakaian dengan bahan kain batik dipadu kain polos. Batik di tiap daerah berbeda beda dan memiliki ciri khas yang tersendiri, motif batik memiliki makna yang berbeda.
Batik Pekalongan merupakan salah satu batik yang sangat terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Banyak yang mencari batik baik dari luar kota pekalongan maupun sampai wisatawan asing pun mencari batik pekalongan. Setiap tahun permintaan selalu meningkat dan semakin terkenal maka potensi untuk membuka bisnis usaha batik pekalongan sangat menjanjikan.
Sebelum anda membuka bisnis usaha batik pekalongan maka sebaiknya anda memperhatikan hal hal berikut seperti anda harus mengerti dan paham tentang sejarah batik pekalongan, anda harus tahu karakteristik batik pekalongan. Lakukan survey untuk mengetahui harga pesaing dan harga pasar. Anda juga harus menentukan target pasar untuk menentukan konsumen anda karena ada batik yang harganya mahal ada juga batik yang harganya murah. Anda harus menemukan supplier batik pekalongan, buatlah kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.



Tips Bisnis Usaha Batik Pekalongan

Tempat Bisnis Usaha Batik Pekalongan
Dalam memulai setiap usaha, lokasi sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha kita. Pemilihan tempat yang strategis, dekat dengan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, sekolahan akan menjadikan produk kita dikenal di pasaran. Namun jika anda belum memiliki tempat strategis  karena keterbatasan modal, maka untuk mensiasatinya anda harus menggunakan pemasaran online dan promosi lewat media sosial.

Promosi Bisnis Usaha Batik Pekalongan
Pemasaran produk bisa dilakukan di rumah dengan promosi online dan menggunakan media sosial untuk menarik minat masyarakat. Dapat juga dilakukan dengan sistem door to door. Ikut berpartisipasi dalam berbagai pameran batik juga bisa di gunakan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Harga Batik Pekalongan
Harga batik bervariasi. Ada yang murah dan ada juga yang mahal sampai berjuta - juta. Biasanya batik yang harganya mahal, mempunyai kharakteristik dan jenis batik tulis.
Tidak semua batik tulis mempunyai harga yang mahal. Hal ini juga tergantung dari peminat atau konsumen batik itu sendiri dalam melihat dan memaknai sebuah motif batik. Motif batik tradisional, dengan pembuatan yang rumit dan bahkan bisa memakan waktu hampir berbulan - bulan, mempunyai nilai jual yang tinggi. 

Produk Batik Pekalongan
Anda harus memiliki berbagai macam motif batik pekalongan dan memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan anda. tergantung anda apakah harga batik yang anda tawarkan murah sedang atau mahal.

Analisa Bisnis Usaha Batik Pekalongan

Modal Awal Bisnis Usaha Batik Pekalongan
Laptop
2.750.000
Handphone
2.000.000
Modem
   500.000
Total modal awal
5.250.000

Biaya tetap
Laptop
2.750.000
1/60
Rp.45.800
Handphone
2.000.000
1/60
Rp.33.300
Modem
   500.000
1/36
Rp.13.800
Total Biaya tetap


Rp.92.900

Biaya Tidak tetap
Pembelian stok awal
Rp.80.000
60 pcs
Rp.4.800.000
Kemasan dan label


Rp.   300.000
Internet dan telepon


Rp.   300.000
Biaya transportasi


Rp.   200.000
Biaya lain lain


Rp.   100.000
Total biaya tidak tetap


Rp.5.700.000

Penerimaan
Penjualan batik pekalongan
Rp.150.000
60 pcs
Rp.9.000.000
Biaya

Rp.     92.900

Biaya tidak tetap

Rp.5.700.000

Total biaya


Rp.5.792.900
Laba bersih


Rp.3.207.100

Usaha yang anda jalankan untuk awal adalah dengan memanfaatkan media online dan melakukan promosi media sosial. Lakukan promosi secara aktif dan terus menerus untuk meningkatkan branding usaha anda dan meningkatkan penjualan batik anda. jika penjualan anda sudah stabil, segera untuk mencari tempat usaha yang stategis agar bisnis anda dapat berkembang.




Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon