Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Selasa, 08 November 2016

Karakter Orang yang Punya Jiwa Bisnis

Karakter Orang yang Punya Jiwa Bisnis - Ada beberapa orang yang yakin bahwa menjadi pebisnis merupakan ‘bawaan lahir’, tetapi banyak juga yang percaya bahwa menjadi pebisnis bisa dipelajari. Keduanya bisa sama-sama terjadi. Dalam buku berjudul “7 in 1” Business Competition Strategy yang ditulis oleh Handito Hadi Joewono dikatakan, bila diamati dengan cermat, terdapat beberapa karakteristik orang yang mempunyai jiwa bisnis dan sukses berbisnis, yaitu:

1. Jeli menangkap peluang
Pebisnis mampu melihat peluang dengan sudut pandang lebih besar dari masalah atau kesulitan yang mungkin muncul. Tidak heran kita sering mendengar cerita sukses pebisnis yang justru mendapat ide bisnis ketika ada kejadian yang kurang baik. Misalnya, ketika banyak orang sibuk dengan berita banjir, ada pebisnis yang menangkap peluang dan menawarkan perahu karet.
2. Pemimpi
Pebisnis berhasil selalu punya mimpi besar yang tidak pernah terealisasi sepenuhnya. Kalaupun mimpinya hampir terealisasi, selalu saja muncul ‘mimpi baru’ yang jauh lebih besar.
3. ’Nyeleneh’
Pebisnis andal selalu berorientasi mencari dan menemukan sesuatu yang unik dan punya keistimewaan dibandingkan yang sudah ada. Tidak jarang akan muncul ide-ide yang terkesan ‘nyeleneh’ atau tidak normal, bahkan sering juga tercermin dari perilaku pebisnis yang juga ‘nyeleneh’.
4. Creative lover
Terkait erat dengan perilaku ‘nyeleneh’ tadi, pebisnis andal akan memberi penghargaan tinggi pada kreativitas, baik yang muncul dari dirinya sendiri maupun dari lingkungan bisnisnya. Bahkan kadang terbelenggu dengan banyaknya kreativitas.
5. Tidak puas diri
Pebisnis seringkali dipuji dan sekaligus dikecam oleh lingkungannya karena ‘cerewet’. Selalu saja ada yang kurang, selalu saja ada yang salah, selalu saja ada yang ingin terus diperbaiki. Pokoknya tidak boleh statis, tidak boleh berpuas diri.
6. Tahan banting
Pebisnis tulen teruji dan terbentuk kehebatannya justru ketika menghadapi masalah. Pebisnis dengan entrepreneurship tinggi akan selalu bisa mencari celah keluar dari permasalahan. Pebisnis selalu bisa bounce back, bahkan dari situasi yang sangat sulit. Pebisnis yang sejati akan bisa bangkit kembali setelah ‘jatuh’ bahkan meskipun sudah jatuh ‘tertimpa tangga’ pula.
7. Aggresive driver
Pebisnis harus bisa menjadi penggerak bagi tim dan lingkungannya untuk terus maju. Tidak heran kita sering melihat ada pebisnis yang seolah ‘berjalan’ atau ‘berlari’ sendiri. Dorongan untuk terus maju akan merangsang yang bersangkutan untuk bergerak cepat, yang bisa saja berdampak lingkungannya ‘keteter’ dan seolah tertinggal.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon