Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 28 Oktober 2016

Peluang Bisnis Usaha Toko Beras dengan Analisa Lengkap

Peluang Bisnis Usaha Toko Beras dengan Analisa Lengkap - Bisnis toko beras merupakan salah satu peluang bisnis yang memiliki prospek yang bagus. karena kita menjual salah satu bahan utama untuk kebutuhan manusia. Beras merupakan bahan makanan utama masyarakat Indonesia. Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi, bubur dan lain lain. Setiap harinya, rumah tangga memerlukan beras untuk dikonsumsi. Hal tersebut yang menjadikan perputaran uang dalam bisnis beras ini sangat cepat. Beras sendiri memiliki berbagai jenis dan tingkat kualitas. Masing-masing jenis beras tersebut tentunya mempunyai harga yang berbeda. Jadi, setiap konsumen menentukan sendiri jenis beras mana yang akan dikonsumsi.




Macam-macam beras
Beras biasa yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan(atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.
Melihat kondisi tersebut, berbisnis atau menjalankan usaha beras dapat dijadikan sebagai aset usaha.

Keuntungan peluang bisnis beras
Kebutuhan masyarakat terhadap beras tidak pernah mati. Masyarakat akan selalu membutuhkan beras untuk makan. Bahkan dalam satu keluarga mungkin permintaan akan meningkat dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga
Tidak perlu memiliki keahlian khusus, hanya di buthkan kedisiplinan ketelitian
Kekurangan peluang bisnis beras
Harus pintar menganalisa situasi stok pasar tentang kelebihan dan kekurangan stok beras. Karena akan mempengaruhi harga. Jangan sampai anda menjual dengan harga mahal dan jangan sampai menjual dengan harga murah.

Strategi bisnis toko beras

Tempat
akan lebih mudah anda memasarkan produk anda jika memiliki lokasi yang strategis misalnya di penggir jalan, area padat penduduk dan di sekitar tempat anda belum ada toko beras. Jika belum ada toko beras, pastinya masyarakat sekitar pasti lebih memiliki membeli di tempat anda walaupun lokasi anda tidak berada di pinggir jalan.
Harga
Pastikan harga beras yang nanti anda jual adalah harga grosir dan harga ecer. Karena masyarakat cenderung lebih suka membeli banyak karena bisa mendapatkan dengan harga grosir
Produk
Pastikan beras anda memiliki kualitas bagus. beras baru dan beras tanpa kerikil, kadang jika konsumen dapat beras yang memiliki kualitas jelek tidak mau membeli lagi di tempat yang sama
Promosi
Lakukan promosi dari mulut ke mulut. Mulai dari tetangga sekitar. Lalu ke masyarakat sekitar. Buat spanduk agar orang tahu anda bisnis toko beras
Carilah pemasok beras yang mau mengantarkan beras ke toko anda. Dan dengan harga yang murah. Jika anda sudah mendapatkan pemasok tersebut, anda tidak perlu mengeluarkan biaya operasional.
Analisa bisnis usaha toko beras
modal awal
Stok beras


Rp.   7.000.000
Peralatan timbangan dll


Rp.   2.000.000
Meja kursi


Rp.      500.000
Total


Rp. 12.500.000

Biaya tetap
Penyusutan peralatan timbangan, dll
Rp.2.000.000
1/48
Rp.41.000
Meja kursi
Rp.500.000
1/36
Rp.13.000
Total


Rp.54.000
9625
Biaya tidak tetap
Beras
Rp.8000
875 kg
Rp.7.000.000
Biaya lain lain


Rp.   100.000
Total


Rp.7.100.000

Penerimaan



Beras
Rp.11.000
875kg
Rp.9.625.000
Biaya



Biaya tetap

Rp.   54.000

Biaya tidak tetap

Rp.7.100.000

Total biaya


Rp.7.154.000
Total


Rp.2.471.000

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai Analisa bisnis Toko Beras dengan tips dan rincian modal sebagai referensi usaha anda. Besar kecilnya keuntungan tergantung skala dan manajemen usaha anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon