Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Senin, 10 Oktober 2016

Peluang Bisnis Usaha Jahit Pakaian dengan Analisa Lengkap

Peluang Bisnis Usaha Jahit Pakaian dengan Analisa Lengkap - Bisnis yang masih memiliki prospek dan bertahan bertahun tahun salah satunya bisnis jasa jahit pakaian. Kenapa bisnis jasa jahit pakaian ini memiliki prospek yang bagus, karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Sekarang ini pakaian bukan sekedar sebagai penutup badan atau aurat namun juga sebagai sarana menghias diri sehingga orang tidak akan puas memiliki satu dua pakaian namun juga banyak pakaian yang bagus meski pakaian lama masih layak pakai. 1 orang saja memiliki koleksi  mungkin lebih dari 10 set pakaian (celana dan baju). Kalau dalam 1 keluarga ada 4 orang maka total ada 40 set pakaian. Tiap tahun kebanyakan beli pakaian baru apakah itu untuk baju kerja atau sekolah dan baju saat hari raya agama.


untuk lokasi tidak menjadi hal yang utama. Banyak kita jumpai bisnis jahit pakaian berada di gang gang kecil. Dan banyak juga pelanggannya. Hal itu di karenakan hasil jahitan nya yang bagus sehingga dengan sendirinya pelanggannya promosi dari mulut ke mulut.
Jika anda memang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang jahit menjahit maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis jahit pakaian ini. Dengan modal satu mesin jahit dan beberapa alat jahit yang tentunya tidak terlalu besar anda sudah bisa melakukan kegiatan bisnis rumahan di rumah anda. Berbeda dengan boutique dan Tailor, anda sebagai penjahit biasanya diharuskan memiliki kemampuan untuk membuat baju baik pria dan wanita dan termasuk memperbaiki pakaian baik itu mengecilkan pakaian atau menjahit atribut pakaian.
Bisnis ini akan mencapai pendapatan tertinggi terutama pada saat masa naik kelas atau awal masuk sekolah dan hari menjelang lebaran dimana banyak anak sekolah yang membutuhkan pakaian baru ataupun umat muslim yang membutuhkan pakaian muslim yang baru.


Tips Bisnis:
Tepat waktu
Anda sebagai penjahit harus memahami bahwa bisnis anda adalah bisnis jasa. Selain kualitas hasil jahitan anda yang harus anda perhatikan adalah ketepatan waktu. Karena kadang pelanggan anda biasanya memakai jasa anda sebagai penjahit untuk membuat pakaian atau yang lainnya untuk di pakai pada satu moment seperti awal masuk sekolah atau lebaran hingga acara hajatan. Anda harus pintar- pintar dalam memanage waktu anda agar semua pesanan dapat terpenuhi minimal sesuai permintaan pelanggan dan lebih bagus lagi apabila selesai kurang dari waktu permintaan karena hal tersebut akan membuat usaha bisnis rumahan jahitan anda dipercaya karena tepat waktu.

Tahu Batasan Kemampuan
Anda harus tahu kemampuan anda dalam menyelesaikan jahitan. Dalam 1 minggu berapa jahitan, dalam 1 bulan berapa jahitan. Kadang karena kebanyakan pemesanan anda menerima semua pesanan tetapi ujung ujungnya. Hasil jahitan tidak memuaskan dan tidak tepat waktu. Sehingga banyak pelanggan yang akhirnya kecewa dan tidak menggunakan jasa jahit pakaian anda lagi.
Kreatifitas
Di sela-sela waktu anda saat pesanan tidak banyak, anda juga bisa membuat pakaian yang bagus dan menarik. Dan anda bisa menjualnya melalui media sosial. Jika laku terjual. Pembeli puas, pasti akan bisa menambah pelanggan tetap anda.
Tarif
Pada saat mulai buka bisnis jahit pakaian, jangan memasang tarif yang tinggi, mungkin tarif yang di bawah harga pasar. Anda harus fokus untuk mendapatkan pelanggan. Jika pelanggan sudah banyak dan kualitas hasil jahit bagus. Anda bisa menggunakan tarif pasar.
Analisa Bisnis Usaha Jahit Pakaian
Modal
Mesin Jahit
Rp. 1.500.000
Mesin Obras
Rp. 1.300.000
Gunting
Rp.      40.000
Penggaris jahitan
Rp.      20.000
Jarum dan perlengkapan lain
Rp.      20.000
Total
Rp. 2.880.000

Biaya tetap
Penyusutan mesin jahit
Rp.1.500.000
1/48
Rp.31.250
Penyusutan mesin obras
Rp.1.300.000
1/48
Rp.27.000
Total


Rp.58.250

Biaya tidak tetap
benang


Rp.  30.000
Listrik&air


Rp.100.000
Biaya tak terduga


Rp.  70.000
Total


Rp.200.000


Penerimaan

Rp.40.000
40 pakaian
Rp.1.600.000
Pengeluaran
Biaya tetap

Rp.     58.250

Biaya tidak tetap

Rp.   200.000

Total biaya


Rp.   258.250
Laba bersih


Rp.1.241.750

Jika pemesanan sudah terlalu banyak maka anda perlu memikirkan untuk mencari pegawai sehingga bisnis anda dapat berkembang.
Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai Analisa bisnis jahit pakaian dengan tips dan rincian modal sebagai referensi usaha anda. Besar kecilnya keuntungan tergantung skala dan manajemen usaha anda.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon