Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 28 September 2016

Pengusaha Sukses Chairul Tanjung

Siapa yang tidak kenal Chairul Tanjung. Chairul Tanjung adalah pengusaha sukses di Indonesia. Ia merupakan pengusaha suskes sekaligus CEO utama di CT Corp.  Kalau di rangking nama chairul tanjung menduduki posisi ke 937 dari 1000 orang yang terkaya dunia versi majalah forbes. chairul tanjung mempunyai kekakyaan USD 1 miliyar. Dan pada tahun 2014, kekayaannya meningkat pesat sebesar USD 4 miliyar, posisi peringkatnya naik ke nomor 375 dunia


Kita pasti bertanya-tanya dari mana modal yang ia peroleh untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya yang kini terdiri dari beberapa perusahaan besar? Sebagai seorang pebisnis tentu saja kesuksesan bisnisnya tak diperolehnya secara instan. Sebuah perjuangan yang amat keras dan kekuatan besar untuk menghadapi beratnya tantangan yang ada inilah yang membuat bisnisnya sukses.


Pendidikan

Chairul Tanjung bersekolah di SD Van Lith, Jakarta pada tahun 1975. Setelah itu Chairul Tanjung meneruskan di sekolah SMP Van Lith, Jakarta tahun 1978, kemudian melanjutkan di SMA Negeri 1 Boedi oetomo, Jakarta tahun 1981, lalu melanjutkan study-nya di Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada tahun 1987, kemudian di Executive IPPM tahun 1993. Pada saat kuliah Chairul Tanjung mencoba untuk bekerja sambilan untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya dan kebutuhan kuliahnya. Chairul Tanjung berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan jasa foto kopi di kampus. Chairul Tanjung juga pernah membuka toko yang menjual peralatan khusus kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat, namun berjalannya waktu usaha tokonya bangkrut.


Jiwa Bisnis

Jiwa bisnis Chairul muncul saat ia kuliah di Universitas Indonesia. Tingginya biaya kuliah dan keadaan ekonomi orangtuanya yang kurang baik memicu munculnya jiwa bisnis di dalam diri Chairul Tanjung. Untuk membiayai kuliahnya itu, maka ia berjualan buku kuliah stensilan dan kaos. Setelah modalnya cukup, Chairul lalu membuka usaha fotocopy di sekitar kampusnya. Usaha lain yang pernah dikelolanya saat masih kuliah juga adalah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat.
Jatuh Bangun Bisnis
Setiap pengusaha pastinya memiliki pasang surut bisnis. ada situasi bisnis kita berhasil dan juga ada situasi bisnis kita terpuruk.bisnis bisnis yang dibuka oleh Chairul Tanjung juga tak luput dari situasi yang buruk. Bisnis yang di bangun Chairul tanjung seringkali terpuruk. akan tetapi Chairul tanjung tidak menyerah. jika bisnis yang dia bangun gagal, dia bangun lagi sampai berhasil.
PT. Pariarti Shindutama yang dirintisnya bersama tiga temannya juga harus Chairul tinggalkan karena perbedaan visi misi. Setiap kali bisnisnya gagal dan gagal lagi, Chairul Tanjung malah menjadikan dirinya semakin terpacu untuk sukses dan berkembang.
Menjadi Kaya
Selepas dari PT. Pariarti Shindutama, Chairul memulai lagi bisnisnya sendiri dan mengarahkan fokusnya pada bisnis inti yaitu keuangan, properti dan multimedia. Langkah besar dimulainya saat ia mengakusisi Bank Karman menjadi Bank Mega. Inilah cikal bakal yang menjadikannya ia kaya raya dan menjadi orang terkaya.
Di bawah Para Group, Chairul memiliki Para Inti Holdindo yang membawahi beberapa subholding yaitu Para Inti Propertindo (properti), Para Global Investindo (bisnis keuangan), dan Para Inti Investindo (bidang media dan investasi).
Di bidang finansial ia memiliki Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah dan Mega Finance. Para Group juga memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio di bidang penyiaran dan multimedia.

Lebih Sukses
Tahun 2010 majalah forber menjadikan Chairul Tanjung salah satu orang terkaya di indonesia. Tiap tahun kekayaannya terus meningkat dan pada tahun 2011, karena nilai kekayaannya yang mencapai 2,1 Milyar Dolas AS. dengan kekayaan tersebut Chairul Tanjung menjadi orang terkaya di indonesia no 11.

Apa yang dilakukan Chairul Tanjung dalam membangun sebuah bisnis yang paling utama adalah mengembangkan jaringan. diperlukan sebuah sistem yang baik dalam mengelola perusahaan, diperlukan SDM yang berkualitas dalam mengelola perusahaannya. selain itu harus memiliki rekanan yang baik pula. mengembangkan bisnis dengan membangun relasi bisnis buka hanya ke perusahaan yang terkenal, akan tetapi juga perusahaan yang belum terkenal juga. 
Chairul Tanjung membuka selebar lebarnya kerjasama baik itu perusahaan lokal maupun perusahaan multinasional dari luar negeri. dia lakukan untuk perkembangan bisnisnya.

Faktor Utama yang harus dimiliki dalam membangun dan mengembangkan bisnis adalah memiliki kemauan dan memiliki kerja keras. menurutnya modal memang penting, akan tetapi yang lebih penting adalah faktor tersebut jika ingin sukses. Selain itu kepercayaan terhadap mitra bisnis sangat penting 
Untuk menuju kesuksesan yang diperlukan adalah kesabaran, karena sukses bukan merupakan hal yang instan, untuk sukses harus menjalani sebuah proses tergantung pada kemauan dan kerja keras kita. sukses bisa membutuhkan waktu berbulan bulan bahkan tahunan. jika tidak sabar, maka anda akan cepat menyerah.

setelah sukses berkecimpung dalam dunia bisnis, Chairul tanjung masuk di dunia pemerintahan. dengan di tunjuknya sebagai menteri perekonomian pengganti Hatta Rajasa yang pada saat itu mengundurkan diri. beliau di tunjuk oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono. walaupun periode kerja menjadi menko saat itu tergolong singkat, namun Chairul Tanjung berhasil menjaga perekonomian indonesia tumbuh di tengah situasi perlambatan ekonomi dunia saat itu.



1 komentar so far

kisah yang inspiratif dari Chairul Tanjung, dengan perjuangan yang sangat keras akhirnya bisa menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon