SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Kamis, 29 September 2016

Peluang Bisnis Usaha Cuci Motor dengan Analisa Lengkap

Peluang Bisnis Usaha Cuci Motor - Salah satu peluang bisnis usaha yang banyak diminati adalah usaha cuci motor. Hampir setiap keluarga memiliki motor untuk digunakan sebagai alat transportasi. Baik itu dari kalangan menengah bawah, menengah atas maupun kalangan orang kaya, motor sangat dibutuhkan untuk transportasi penunjang aktivitas kerjanya. Setiap daerah pertumbuhan penjualan motor sangat pesat. 

bahkan orang bisa dengan mudah menjapatkan motar dengan uang muka Rp.500.000. Dikarenakan dealer motor berlomba lomba menggaet konsumen agar membeli motor. Tidak semua orang yang punya motor mau meluangkan waktunya untuk mencuci motornya sendiri. oleh karena itu mengapa usaha cuci motor ini tidak pernah sepi. Dengan hanya Rp.6.000 orang lebih suka untuk mencuci motornya di tempat cuci motor. jika di bandingkan cuci sendiri yang kadang kalau mencuci sendiri tidak bersih semua di beberapa tempat. 

Jika kita mencuci di tempat cuci motor, dipastikan motor anda bersih dan wangi. Anda tidak perlu pusing karena untuk membuka usaha cuci motor tidak perlu keahlian khusus. Anda cukup belajar beberapa kali, setelah itu saya yakin anda sudah bisa. Anda cukup membeli peralatan pendukung untuk menunjang usaha cuci motor anda.


Peluang Bisnis Usaha Cuci Motor dengan Analisa Lengkap

Tips Bisnis Usaha Cuci Motor :

Lokasi Bisnis Usaha Cuci Motor
Lokasi usaha cuci motor sangat penting. carilah tempat yang strategis yang di lalui pengendara sepeda motor. biasanya lokasi tersebut berada di pinggir jalan raya.  pilihlah jalan raya yang selalu ramai. Jangan membuka usaha anda di tempat yang ramai di jam-jam tertentu saja.
 
Tarif Bisnis Usaha Cuci Motor
Tarif yang anda tawarkan harus kompetitif, apalagi baru memulai bisnis. Kasih diskon agar pelanggan tertarik untuk mencuci motor di tempat anda.
Kualitas
Pastikan hasil motor setelah di cuci benar benar bersih dan mengkilap.
Promosi
Buatlah promosi melalui membagi brosur dan pasang banner di tempat tempat strategis

Jika anda ingin mengembangkan bisnis, Buatlah tempat usaha menjadi nyaman, buatlah ruangan untuk tempat tunggu konsumen. Jika konsumen nyaman, maka pasti konsumen akan balik lagi ketempat anda. Ditempat tunggu tersebut juga anda bisa sediakan makanan ringan dan minuman sambil menunggu cuci motor selesai


Tips bisnis lainnya:
Usaha cuci motor memang usaha musiman. Usaha ini sedang ramai ramainya pada saat musim hujan, jika sudah musim kemarau pedapatan turun drastis. Namun jika jika pada musim hujan terjadi seharian, malah pengguna motor jarang yang mencuci motornya, mereka memilih untuk menunggu hingga keesokan harinya sudah mereda. Nah, karena usaha cuci motor ini pendapatannyanya dipengaruhi musim, lalu bagaimana untuk mensiasati pada saat musim kemarau agar tetap ada pendapatannya.

Berikut adalah tips agar usaha cuci motor tetap ada pendapatannya:

1. lalukan evaluasi
Lakukan evaluasi dari segi pendapatan perbulan dan pertahun. Dengan mengevaluasi hal tersebut kita bisa mengatahui bulan apa saja yang pendapatannya naik, dan bulan apa saja yang pendapatannya turun. Kita dapat memprediksi langkah langkah dan strategi yang akan diambil.

2. buat perencanaan bisnis lain yang sesuai dengan usaha cuci motor.
Buat usaha sampingan atau usaha pelangkap tanpa mengganggu bisnis cuci motor. Untuk mengetahui perencanaan bisnis tersebut, kita harus menyesuaikan dengan lokasi usaha atau ruang yang dimiliki usaha cuci motor. Jika terdapat ruang yang masih luas, sangat memungkin untuk membuka usaha baru sebagai usaha pendukung.

Beberapa usaha yang dapat dijadikan sebagai usaha pendamping seperti

Menjual minuman
Yang namanya konsumen datang ke tempat anda, pasti untuk mencuci motor. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk selasainya cuci motor mungkin 15 sampai 25 menit, dan itupun jika terdapat antrian akan membuat konsumen lebih lama lagi. Nah konsumen pasti menunggu selama proses tersebut. nah kita bisa memanfaatkan untuk menjual minuman karena konsumen pasti ingin minum.

Menjual makanan
Nah, memang lebih mudah untuk menjual minuman karena space yang digunakan cukup sempit, karena hanya membutuhkan kulkas sebagai tempat penyimpanan minuman, jika masih terdapat ruang kosong, anda bisa menjual makanan ringan atau snack. Dengan jualan makanan dan minuman dapat menambah penghasilan dari usaha cuci motor.

Menjual aksesoris motor
Usaha pelangkap salah satunya yaitu dengan menjual aksesoris motor. Konsumen yang datang mencuci motor, memiliki sifat tertarik pada motor, memiliki hobi motor. Dengan begitu sangat cocok jika menjual aksesoris motor. Kemungkinan larisnya lebih besar.

 


Analisa Bisnis Usaha Cuci Motor :
 
Modal Awal Bisnis Usaha Cuci Motor
Sewa tempat
Rp.200.000
36 bulan
Rp.  7.200.000
Renovasi tempat


Rp. 2.000.000
Mesin steam


Rp.  4.000.000
Peralatan pembersih


Rp.     300.000
Total


Rp.13.375.000

Biaya Tetap
Penyusutan mesin steam
Rp.4.000.000
1/48
Rp.83.000
Penyusutan peralatan pembersih
Rp.300.000
1/24
Rp.12.500
Total


Rp.95.500

Biaya Variabel
Shampo

Rp.150.000
emir

Rp.170.000
Listrik dan air

Rp.200.000
Bensin

Rp.150.000
Lain lain

Rp.100.000
Total

Rp.770.000

Penerimaan
Cuci motor
Rp.6.000
20 motor x 25 hari
Rp.3.000.000
Pengeluaran



Biaya tetap

Rp.  95.000

Biaya variabel

Rp.770.000

Total biaya


Rp.   865.000
Laba bersih


Rp.2.135.000


Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai Analisa bisnis usaha cuci motor dengan tips dan rincian modal sebagai referensi usaha anda. Besar kecilnya keuntungan tergantung skala dan manajemen usaha anda.

1 komentar so far

wah mantep gan artikel-nya. ane juga ada artikel tentang cuci motor, utamanya bagi yang baru mulai usaha cuci motor bisa main ke

CIMOTZ

yang di daerah Cimahi, ditunggu bawa motornya untuk dicuci di kami yaa..

terima kasih

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon